Pages

Ads 468x60px

Blogroll

Selamat Datang di Blog Saya...M.Daniel Asyrof Al-Farich Dici Putra...Semoga Isi di dalam Blog Ini Bermanfaat dan berguna bagi semuannya terutama anak-anak Penerus bangsa

Rabu, 30 Mei 2012

Benz, Anak Yatim Penemu Mobil Pertama

Benz, Anak Yatim Penemu Mobil Pertama 

ADIK-adik pasti ingin tahu siapa yang membuat mobil pertama kali. Nah, kita kenalan yuk dengan Karl Friedrich Benz. Benz adalah sarjana dari Jerman yang dikenal sebagai penemu dari mobil dengan bahan bakar bensin (gazoline).

Walaupun pada saat yang bersamaan Gottlieb Daimler yang berpasangan dengan Wilhelm Maybach juga bekerja meneliti mesin dengan bahan bakar bensin tapi Benz terlebih dahulu menyelesaikan penemuan itu dan mempatenkan penemuan tersebut pada tahun 1879.
Tahun 1885, Karl Benz membangun Motorwagen, mobil pertama yang dijual secara komersil. Mobil tersebut adalah mobil dengan mesin empat langkah dengan bahan bakar bensin hasil rancangannya. Benz juga merupakan penemu dari komponen mobil seperti pengapian mobil, busi, sistem transmisi mobil, radiator air dan karburator.
 Karl Benz lahir dengan nama Karl Friedrich Michael Vaillant, di Karlsruhe Jerman. Panjang juga ya namanya. Saat Benz berusia 2 tahun, ayahnya (Johann George Benz) meninggal karena kecelakaan dan untuk itu nama Karl Friedrich Michael Vaillant diganti menjadi Karl Friedrich Benz untuk mengingatkannya pada ayahnya.
Meski keluarga Benz saat itu hidup dalam kemiskinan, ibunya bersikeras untuk memberikan pendidikan yang baik untuk Benz. Pada umur 9 tahun, Benz menunjukkan rasa tertarik pada ilmu sains. Benz melanjutkan pelajarannya di universitas politeknik Karlsruhe di bawah bimbingan Ferdinand Redtenbacher yang dikenal sebagai orang yang merintis jurusan mesin (mechanical engineering) di universitas.
Benz termasuk anak yang cerdas. Pada umur 15 tahun, dia lulus ujian masuk untuk sarjana mesin di University of Karlsruhe. Benz lulus dari universitas itu pada usia 19 tahun. Hebat, ya adik-adik. Pada masa-masa itu, sambil mengendarai sepedanya, Benz selalu memikirkan konsep tentang sebuah mobil, sebuah kereta kuda tanpa kuda.
Tahun 1883, Benz membuka perusahaan baru yang memproduksi mesin-mesin industri. Dengan cepat perusahaan itu berkembang menjadi besar dan mulai memproduksi mesin berbahan bakar bensin. Kesuksesan perusahaannya memberikan kesempatan kepada Benz untuk mulai mewujudkan mimpinya, yaitu kereta tanpa kuda atau mobil.

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates

free counters